Humbahas Memeriahkan Hari Anak Nasional Yang Ke- 40

Eva Arianti 08 Agustus 2024 (6:39)

HUMBAHAS, Jurnalkota.com,  – Hari Anak Nasional (HAN) ke 40 Tahun 2024 diperingati dengan meriah di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), peringatan ini dipusatkan di Perkantoran Bukit Inspirasi di 4 (empat) tempat, Panggung Utama di Pelataran, di Pendopo, Lapangan depan Bappelitbangda dan Ruang Rapat Sekretariat, Senin 5 Agustus 2024.

Hari Anak Nasional ini dihadiri oleh Ketua TP. PKK Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor sekaligus sebagai Bunda PAUD Kab. Humbang Hasundutan, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, anggota TP. PKK, DWP, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, IAD, Persatuan Istri DPRD, Sekda Chiristison R. Marbun, M.Pd, Pimpinan OPD, Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Kepal Desa, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa, Kepala Sekolah, guru dan anak didik serta anak-anak PAUD.

Dalam sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan yang dibacakan Sekda Chiristison R. Marbun menyampaikan semakin baik kualitas anak maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Oleh karena itu perlu perlindungan anak dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

Tema Hari Anak Nasional Tahun 2024 ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dengan subtema ‘anak berkarakter, cerdas dan kreatif’. Tema ini menjadi peringatan bagi seluruh elemen bangsa untuk berperang melawan tindakan kekerasan dan penelantaran terhadap anak. Sementara dengan subtema memastikan anak Indonesia untuk menjadi anak yang berkarakter, cerdas dan kreatif dimasa yang akan datang.

Sehubungan dengan peringatan ini dipesankan pentingnya pendidikan karakter bagi anak-anak. Dengan membina, menumbuhkan, dan mengembangkan potensi anak usia dini secara optimal maka anak akan memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan bagi anak usia dini merupakan suatu awal perjalanan untuk masa depannya, ketika pendidikan berjalan dengan baik anak tersebut menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, maka dari itu pendidikan berhasil membuat anak tersbut menjadi pribadi yang berkarakter, cerdas dan kreatif.

Baca Juga  Pelayanan Buruk, Tarif Melambung Tinggi, PDAM TB Kota Tangerang Diduga "Rampok" pelanggan

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD Kabupaten sekaligus TP. PKK Humbang Hasundutan Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya mengatakan bahwa kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan bangsa. Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial.

Untuk membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang.

TP. PKK Humbang Hasundutan menghimbau agar semua stakeholder mengembangkan disiplin positif kepada anak, membantu anak meningkatkan keterampilan dan percaya diri, mengembangkan kontrol diri serta membimbing anak dalam mengambil keputusan yang baik.

Dan kepada anak-anak dipesankan agar memanfaatkan waktu dengan baik dan benar, hormat kepada orangtua, cintai keluarga, tanah air dan bangsa dan diatas semua itu jangan lupa berdoa, bertaqwa kepada Tuhan.

Sementara itu dalam laporannya Kadis PMDP2A Drs. Maradu Napitupulu, M.Si menyampaikan bahwa dalam menyemarakkan Perayaan Hari Anak Nasional ke-40 ini dilaksanakan beberapa lomba antara lain; Vocal Solo tingkat SD, Martumba tingkat SD, Permainan Tradisional Iye-Iye tingkat SD, Lomba Science tingkat SMP, Drama Musikal tingkat SMP, Permainan Tradisional Hela Rotan tingkat SMP, Fashion Show tingkat SMA, Musik Tradisional tingkat SMA, Promosi Pariwisata dalam Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK, Prototipe Smart Farming tingkat SMK dan Lomba Mewarnai, Menghias Meja dan Memancing Ikan tingkat PAUD.

Terlihat antusias anak-anak mengikuti setiap acara mulai pagi sekira pukul 07.30 anak anak sudah mulai memenuhi tempat dimana setiap perlombaan akan dilaksanakan. Anak anak PAUD dipandu oleh Bunda PAUD masing-masing untuk menempati tempat duduk. Pada perlomban PAUD, Banyak tingkah anak-anak PAUD yang membuat hadirin bertepuk tangan. Demikian juga dengan perlombaan-perlombaan yang lain dilaksanaan, membuat penonton bertepu

Baca Juga  Helmy Halim Bakal Calon Walikota Tangerang, Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia Vs Irak 3-0

( Red )

Editor : Enjelina

Related Posts

DPRD Kota Tangerang Resmi Dilantik, Ini Pesan Pentingnya Untuk 5 Tahun Kedepan

KOTA TANGERANG, jurnalkota. com-Pelantikan 50 anggota DPRD Kota Tangerang periode…

PT Bakara Energi Lestari Peduli Pendidikan Di Baktiraja Humbahas

HUMBAHAS, Jurnalkota.com, – PT Asia Anugerah Biologis dan PT Bakara…

Nota Pengantar Keuangan Ranperda PAPBD T.A. 2024 Disampaikan Oleh Bupati Humbahas

HUMBAHAS, Jurnalkota.com, – Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili Asisten Pemerintahan…

Booster Mental Perdana di Polda NTT Demi Suksesi Pillkada Serentak 2024 Datangkan Motivator Nasional

NTT, Jurnalkota.com, – Dalam rangka mempersiapkan personil Polres Timor Tengah…

“Wow!keren”, Lapas Pemuda Kelas 2A Tangerang menyelenggarakan Program Pendidikan bersama Universitas Muhammadiyah Tangerang

TANGERANG, JurnalKota.com, – Pendidikan merupakan salah hak warga binaan sesuai…

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasudutan Melaksanakan Sosialisasi SPI Dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

HUMBAHAS, Jurnalkota.com, – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Inspektorat…

Berita Terkini

exit-1690767188

SOSIAL POLITIK

16232476286579374911