DPRD Kota Tangerang Paripurnakan LKPJ Walikota Tahun 2023, Pansus Segera Lakukan Pembahasan Lebih Dalam

By Eva Arianti 25 April 2024

Jurnalkota.com, Kota Tangerang – Pejabat (Pj) Walikota Tangerang Dr. Nurdin menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2023 kepada DPRD Kota Tangerang, bertempat di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo, yang didampingi oleh Wakil Ketua I H. Turidi Susanto, Wakil Ketua II H. Kosasih dan Wakil Ketua III Tengku Iwan Jayasyah Putra.  Selain itu,  rapat ini dihadiri oleh para anggota DPRD Kota Tangerang, Sekretaris DPRD Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra, serta unsur Forkopimda. Selasa (26/03/2024).

Ketua DPRD Gatot Wibowo menjelaskan, setelah hal ini diajukan oleh Walikota kepada DPRD, sesuai dengan mekanisme yang ada.  DPRD Kota Tangerang akan membentuk panitia khusus yang ditugaskan untuk terjun langsung ke lapangan guna meninjau apa saja yang disampaikan oleh Walikota. “Kita siap membahas, sekaligus memperbaiki jika ada kekurangan dalam LKPJ ini nantinya,” jelasnya.

Ketua DPRD Gatot Wibowo juga mengatakan bahwa DPRD Kota Tangerang siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) guna mewujudkan pemerintahan yang sesuai dengan harapan masyarakat. “Dewan siap berkolaborasi dengan pemerintah kota,” jelasnya.

Dalam rapat paripurna, Pj. Walikota Nurdin dalam laporannya juga  menjelaskan, bahwa LKPJ yang disampaikannya tersebut merupakan wujud nyata bentuk akuntabilitas publik dari penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala daerah kepada DPRD sebagai lembaga resmi yang mewakili Masyarakat.  LKPJ ini penting disampaikan sebagai bahan pembahasan dan tanggapan berupa saran atau masukan untuk peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik ke depannya. Penyampaian LKPJ ini pada hakikatnya adalah laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaatan keuangan daerah. “Sebagaimana semuanya telah disepakati bersama antara pemkot dan DPRD.” ucap  Pj. Walikota Tangerang, Nurdin.

“Tentunya hasil-hasil yang dicapai beserta persoalan yang dihadapi selama pelaksanaan tugas tahun 2023 lalu akan kita evaluasi secara bersama dan akan dijadikan masukan bagi pelaksanaan tugas dan kegiatan untuk tahun yang akan datang.” lanjutnya.

Pj.Walikota Nurdin mengungkapkan rasa syukurnya seiring berbagai capaian yang mampu diraih Pemerintah Kota Tangerang sejauh ini. “Alhamdulillah, selama 2023 di samping peningkatan terkait kinerja dan pelayanan publik, sejumlah prestasi mampu kita toreh dengan meraih puluhan penghargaan dari pemerintah pusat dan juga provinsi,” ungkapnya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Tangerang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif, Pemerintah Kota Tangerang telah membangun sarana prasarana perdagangan, seperti, Festival Ramadhan dan Pasar Raya serta pasar-pasar pembantu secara bertahap yang kini sedang dikerjakan.

Pemerintah Kota Tangerang menyediakan Youth Center dengan sarana dan fasilitas lengkap sebagai wadah berkumpul komunitas kreatif yang ada di moderland, untuk mengembangkan dan memajukan industri kreatif, sehingga mampu mendorong tumbuhnya pelaku usaha kecil dan menengah yang bertumpu pada inovasi dan kreativitas.

Dr. Nurdin juga memamparkan, bahwa ada juga peningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata yang nyaman dan berkesan, pengembangan kawasan wisata terpadu seperti situ Cipondoh serta asrama haji yang siap menampung para jama’ah nantinya dan akan terus ditingkatkan.

Disamping itu, sektor swasta terus mendorong untuk melakukan penyediaan sarana prasana pendukung seperti hotel dan restoran yang representatif, sehingga Kota Tangerang dapat menjadi kota tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Terkait pelayanan terhadap investasi, Pemerintah Kota Tangerang telah menyediakan Mall pelayanan publik  dengan layanan perizinan dan non perizinan yang terintegrasi secara online di satu pintu dan satu aplikasi.

Tidak hanya itu, Pj.Walikota Tangerang menyampaikan tentang berbagai program unggulan yang telah dilaksanakan, termasuk pembangunan  sekolah sebagai bagian dari upaya peningkatan pendidikan di Kota Tangerang.  Walikota juga menyebutkan pencapaian dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang melebihi rata-rata nasional.

Sebelum rapat ditutup, anggota DPRD Kota Tangerang dari Fraksi Partai PDI-P Andri Permana meminta agar Tunjangan kinerja (Tukin) para pegawai pemerintah kota Tangerang agar disegerakan pembayaraannya. “Hal ini harus dibahas lebih lanjut oleh pimpinan DPRD dan para pejabat dilingkungan Pemkot,” Ujar Andri dalam interupsinya kepada Pj.Walikota Tangerang.(SM)

Berita Lainnya

Kepala Sekolah SDN 173382 Huta Tinggi Kecamatan Parmonangan Taput Merasa Cemas Dan Was-Was Atas Kondisi Sekolahnya

Jurnalkota.com, Tarutung – Akibat gempa bumi pada bulan Oktober tahun 2022 lalu,  kondisi sekolah tersebut…

Kunjungan Kerja Pj. Bupati Tapanuli Utara ke Balai Wilayah Sungai Sumatera II

Jurnalkota.com, Tarutung – Pj. Bupati Tapanuli Utara, Dr. Dimposma Sihombing, S.Sos, M.AP bersama  Kajari Tapanuli…

Mantan Kadisnaker Kota Tangerang Dr. Ir Rakhmansyah, M.Si, Siap Maju di Pilkada 2024

Jurnalkota.com, Tangerang – Menjelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 masyarakat mulai membicarakan sosok tokoh yang…

POLRES HUMBAHAS RUTIN MELAKSANAKAN PATROLI DIMALAM HARI UNTUK MENGANTISIPASI TINDAK KEJAHATAN

Jurnalkota.com,Humbahas-Guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, Personil gabungan Polres Humbahas rutin melaksanakan patroli malam dengan…

Kerja Sama Pemkab Sumedang dengan IPDN Terus Berlanjut

Jurnalkota.com, Sumedang – Pj. Bupati Sumedang Drs. H. Yudia Ramli, M.Si menghadiri acara serah terima…

Buruh Asal Sumedang Ikuti Aksi May Day di Jakarta

Jurnalkota.com, Sumedang – Ratusan buruh dari Kabupaten Sumedang berangkat ke Jakarta untuk mengikuti unjuk rasa…

Keraton Sumedang Larang kembali Gelar Kirab Panji Mahkota Kemaharajaan

Jurnalkota.com, Sumedang – Kirab Panji Mahkota Kemaharajaan kembali digelar oleh Keraton Sumedang Larang dalam rangka memperingati…

Sumedang Dapat Bantuan dari Kemendes untuk Desa Cerdas dan Desa Inklusif

Jurnalkota.com, Sumedang – Kabupaten Sumedang akan mendapat bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan…

Pj. Bupati Yudia Ramli Kagumi Suhajar Diantoro, Wakil Rektor Baru IPDN

Jurnalkota.com, Sumedang – Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli mengaku kagum dengan sosok Suhajar Diantoro, Mantan…

Berita Terbaru

Jurnalkota.com, Tarutung – Akibat gempa bumi pada bulan Oktober tahun…

Jurnalkota.com, Tarutung – Pj. Bupati Tapanuli Utara, Dr. Dimposma Sihombing,…

Jurnalkota.com, Tangerang – Menjelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 masyarakat…

Jurnalkota.com,Humbahas-Guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, Personil gabungan Polres Humbahas…

Jurnalkota.com, Sumedang – Pj. Bupati Sumedang Drs. H. Yudia Ramli,…

Jurnalkota.com, Sumedang – Ratusan buruh dari Kabupaten Sumedang berangkat ke…

Jurnalkota.com, Sumedang – Kirab Panji Mahkota Kemaharajaan kembali digelar oleh…

Jurnalkota.com, Sumedang – Kabupaten Sumedang akan mendapat bantuan dari Kementerian…

Jurnalkota.com, Sumedang – Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli mengaku kagum…

Jurnalkota.com, Tangerang – Ketua Pembangunan Daerah dan CSR dari DPD…

New Project - 2024-04-26T210537.552
Sosial Politik

Jurnalkota.com, Tangerang – Menjelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 masyarakat…

Jurnalkota.com, Sumedang – Ratusan buruh dari Kabupaten Sumedang berangkat ke…

Jurnalkota.com, Tangerang – Pemilihan Ketua Rw 014 Kelurahan Gebang Raya…

Jurnalkota.com, Tarutung – Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dr. Dimposma Sihombing,…

New Project - 2024-04-26T210621.814
New Project - 2024-04-26T212039.082