KEPALA SMA N1 GAROGA DIDUGA MEMAKSA SISWA BELI KELENDER 3 EKSEMPLAR Rp.150.000 RIBU

By Eva Arianti 1 Maret 2024
Array
Kalender Dipaksa Minimal 3 Exsemplar Persiswa sedangkan buat Guru Minimal 10 Exsemplar.Harga Per Exsemplar Kelender Rp.50.000;00 ini wajib di beli siswa dan Guru.
Kalender Dipaksa Minimal 3 Exsemplar Persiswa sedangkan buat Guru Minimal 10 Exsemplar.Harga Per Exsemplar Kelender Rp.50.000;00 ini wajib di beli siswa dan Guru.

Jurnalkota.com,[Garoga]-Kepala Sekolah SMA N1 Garoga Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara, Sangat Meresahkan Beberapa Masyarakat Atau Orang Tua Murid.Kalender Dipaksa Minimal 3 Exsemplar Persiswa sedangkan buat Guru Minimal 10 Exsemplar.Harga Per Exsemplar Kelender Rp.50.000;00 ini wajib di beli siswa dan Guru.

SMA N1 Garoga Mengadakan Pungutan SPP Rp.70.000;00/ Siswa . Jadi Kami Orang Tua Sangat Meresahkan Kebijakan yang dibuat kepala sekolah yg sudah 14 Tahun lama menjabat disekolah ini. Jadi seolah olah kuasa dikendalikan dari kepsek SMA N 1 Garoga ini (28/02/204).

Kami Dari Orang Tua Siswa Sangat Mengharapkan Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Kejari Tapanuli Utara Serta Polres Resort Tapanuli Utara Agar Memeriksa Kepala Sekolah SMA N.1 Garoga ini.”Ungkapnya Beberapa Orang Tua yang Tidak mau Disebutkan namanya.”

Kepala Sekolah SMA N1 Garoga Bosar Sormin Juga “Membenarkan Adanya Pungutan Sumbangan SPP Rp 70.000/siswa dan Juga Kelender Persiswa wajib 3 biji dengan Harga Rp.50.000, ke guru wajib 10 biji.
Jadi tujuan nya untuk Pembayaran Tenaga Honorer dan pembangunan Pagar Sekolah.Kalau hanya mengaharapkan dana BOS dan dana BOP maka tidak ada kegiatan sekolah.Sementara Guru tenaga honorer masih banyak disekolah ini dan Juga sesuai surat edaran dari Kepala Dinas Provinsi Sumatera Utara memperbolehkan SPP,tegasnya.”

Rian Marbun Sekertaris DPD LSM Darma Advokasi Masyarakat Indonesia (DAMI) sangat menyayangkan dalam hal Praktik-Praktik seperti SPP dan pembelian Kalender disekolah SMA N 1 Garoga.

Berdasarkan Permendikbud No. 44 Tahun 2012 dan Permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, berikut aturan, larangan, dan sanksi tentang pungutan dan sumbangan pendidikan:

1.Pungutan tidak boleh dilakukan kepada peserta didik,orang tua, atau wali murid yang tidak mampu secara ekonomis.
2.Pungutan tidak boleh dikaitkan dengan persyaratan akademik untuk penerimaan peserta didik, penilaian hasil belajar peserta didik, atau kelulusan peserta didik.
3.Pungutan tidak boleh digunakan untuk kesejahteraan anggota komite sekolah atau lembaga representasi pemangku kepentingan satuan pendidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Komite Sekolah, baik perseorangan maupun kolektif, dilarang melakukan pungutan dari peserta didik atau orang tua/walinya.

Undang-undang nomor 31 tahun 1999 Junto Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Pungutan liar adalah termasuk tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas pungkasnya.(Rian Marbun)

Berita Lainnya

SAT NARKOBA POLRES HUMBAHAS SELALU GENCAR DALAM MENINDAK PENGEDAR SERTA PENGGUNA NARKOBA

Jurnalkota.com,[Humbahas]-Penangkapan terduga tersangka berinisial,RP,38 thn ,Wiraswasta, Khatolik, Alamat : Jl.Sentosa Kel.Pasar Dolok Sanggul Kec. Dolok…

OPERASI KETUPAT TOBA 2024

Jurnalkota.com,[Humbahas]-Kapolres Humbang Hasundutan dan Bupati Humbang Hasundutan memimpin apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024…

PERSONIL POLRES HUMBAHAS DALAM PENGAMANAN OPS KETUPAT

Jurnalkota.com,[Humbahas]-Dalam kesiapan pengamanan OPS ketupat menjelang pelaksanaan Hari Raya IdulFitri 2024 di Kabupaten Humbang Hasundutan…

DI AKHIR JABATAN BUPATI TAPANULI UTARA BERSAMA WAKIL BUPATI MERAYAKAN PASKAH RAYA OIKOUMENE BERNUANSA SEDERHANA DAN PENUH HIKMAH.

Jurnalkota.com,[Taput]-Pemerintah kabupaten Tapanuli Utara Laksanan Perayaan Hari Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus atau Hari Paskah.Acara dilangsungkan…

BUKA PUASA BERSAMA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLAUL HUDA, TELUKNAGA KABUPATEN TANGERANG

Jurnalkota.com Tangerang – Bulan Ramadan merupakan bulan kebesaran bagi umat Islam, Sebab ada banyak momen-momen…

BACALON WALIKOTA KOTA TANGERANG NGADINO, S.H.,M.Kn, MEMBERI SANTUNAN KEPADA 300 ANAK YATIM DAN FAKIR MISKIN DI KEDIAMANNYA

Jurnalkota.com, [Tangerang] – Ngadino SH MKn membagikan santunan kepada 300 anak yatim dan fakir miskin…